Kosong











Kata kosong mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi pikiran saya saat ini. Tidak ada lintasan ide. Tidak ada kata maupun objek yang menarik untuk membuat otak saya berpikir cerdas. Kosong. Kondisi yang sangat tidak saya sukai. Karena seakan tak ada yang bisa dilakukan oleh otak saya selain berusaha memilah apa yang sudah ada untuk kembali diingat. Hanya agar dia tidak seperti rakit yang mengapung di lautan tenang. Mengambang tak bergerak.

Penting bagi saya untuk membuat otak saya memikirkan sesuatu diluar hal keseharian. Untuk membuatnya tidak beku.  Tidak hanya menjalankan apa yang harus dilakukan secara otomatis. Melainkan berpikir dengan kesadaran penuh. Berusaha menalar dengan baik. Dan tetap menajamkan logika agar dapat memandang semua hal secara runut.

Kekosongan pikiran kadang terjadi bukan karena tidak ada yang dipikirkan. Melainkan terlalu banyak hal-hal yang harus dipikirkan on daily bases sehingga tidak meninggalkan ruang sisa.  Ruang sisa untuk menikmati rasa mencerna informasi. Ataupun sekedar melatih imajinasi. Kehilangan kenikmatan meregangkan sel-sel otak selain untuk mendapatkan jawaban yang sudah jelas.
Menjawab pertanyaan kadang lebih mudah daripada membuat pertanyaan yang jawabannya tidak selalu sama. Untuk urusan yang pertama, otak kita cukup mudah bersikap reaktif. Bergerak karena ada yang menggerakkan. Sedangkan untuk yang kedua, otak kita harus memiliki sikap inisiatif. Sesuatu yang menggerakkan, bukan digerakkan.

Di saat otak terasa kosong, mungkin yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah mengisinya dengan pemicu sebanyak mungkin. Berbagai informasi yang tidak biasa kita terima. Jika kita sehari-hari bergulat dengan tanah, mungkin kita perlu membaca tentang bulan dan bintang. Sesuatu yang membuat otak kita menoleh dan berpikir kembali.

Mungkin bukan sesuatu yang luar biasa jika kita sesekali merasa kosong. Selama kita sadar untuk segera beranjak dari kondisi tersebut. Setidaknya saya berharap , esok kekosongan ini sudah berakhir. Sehingga saya dapat  merangkaikan kata untuk bercerita hal-hal menarik. Untuk sementara, saya nikmati kekosongan ini dengan secangkir kopi dan selembar kertas sketsa. Who knows, maybe good things come soon.


#30DWC#30DWCjilid11#day27

Komentar